Menurut Marchewka (2003, p.86), salah satu dari keputusan-keputusan penting dalam manajemen proyek adalah memilih seorang manajer proyek atau pemimpin tim. Manajer proyek biasanya ditunjuk untuk suatu proyek pada tahap pertama dalam siklus proyek, tetapi manajer proyek yang baru bisa dibawa sebagai pengganti pada tahap lanjut dari tahapan proyek. Manajer proyek harus bermain dalam banyak peran. Pertama manajer proyek harus bermain peran manajerial yang memusatkan pada merencanakan, mangatur,
dan mengawasi. Manajer proyek contohnya bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana proyek, mengatur resource untuk proyek, dan menjaga pelaksanaan dari rencana. Manajer proyek harus juga melakukan fungsi administrasi termasuk pemeriksaan performa, tracking proyek dan laporan, dan tanggung jawab hari ke hari yang umum.
Walaupun pekerjaan ini kedengarannya sederhana dan terus jalan, bahkan rencana terbaik yang dipikirkan tidak selalu berjalan seperti yang kita harapkan. Jadi manajer proyek harus tahu kapan untuk mengikuti rencana dan kapan untuk mengadaptasi atau mengubah rencana proyek dengan mempercepat aktivitas-aktivitas tertentu atau berperan sebagai orang yang menyelesaikan masalah. Kesuksesan dari proyek tentu saja tidak hanya tergantung kepada tim proyek tetapi juga terhadap kontribusi dan dukungan dari semua stakeholder proyek. Oleh karena itu, manajer proyek harus membangun dan memelihara hubungan antar
bermacam-macam stakeholder. Untuk melakukan ini secara efektif, manajer proyek harus memainkan peran pemimpin yang kuat. Saat peran manajerial memusatkan pada merencanakan, mengatur dan mengawasi, kepemimpinan memusatkan untuk membuat orang termotivasi dan bergerak pada jalan yang benar menuju tujuan yang sama.
Memilih manajer proyek untuk suatu proyek sekilas sama dengan menyewa seorang pegawai. Penting untuk melihat latar belakang, pengetahuan, kumpulan keahlian, dan rata-rata kekuatan dan kelemahannya. Beberapa sifat yang dimiliki manajer proyek mencakup:
1. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang, seorang manajer proyek harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang tinggi. Seorang manajer proyek tidak harus merupakan pembicara motivasi yang hebat, tetapi harus memilikikemampuan untuk berhubungan dengan orang, membagi visi yang sama, dan membuat semua orang menanggapi dan mengarah pada arah yang benar.
2. Kemampuan untuk berurusan dengan orang, selain bertindak sebagai penghubung yang baik, seorang manajer proyek harus memiliki kepandaian sosial untuk berurusan dengan orang, ego mereka, dan agenda mereka. Manajer proyek harus bisa menjadi pendengar yang baik, mendengar apa yang dikatakan oleh orang dan mengerti yang dimaksud oleh mereka. Kemampuan ini membuat manajer proyek dapat mengetahui yang disembunyikan oleh orang ketika orang tidak jujur atau terbuka tanpa menjengkelkan atau mengasingkan mereka. Seorang manajer proyek juga harus mempunyai selera humor. Sering kali, manajer proyek dan tim proyek diharapkan untuk memberikan hasil pada situasi yang banyak tekanan, selera humor dapat membuat situasi ini lebih mudah diurus. Walaupun seorang manajer proyek tidak harus menjadi teman baik semua orang, orang harus merasa bahwa mereka setidaknya bisa didekati dan nyaman untuk berbicara dengannya. Tambahan, manajer proyek juga harus bersedia untuk membagi pengetahuan dan kemampuan dengan orang lain dan bersedia untuk membantu setiap individu mengembangkan potensi mereka sepenuhnya.
3. Kemampuan untuk menciptakan dan menopang hubungan, seorang manajer proyek yang baik harus mampu membangun jembatan bukan tembok. Bertindak sebagai pendamai atau perunding antara klien proyek dan sponsor proyek, direksi, tim proyek, pelanggan, supplier, vendor, pemborong, dan sebagainya
mungkin diperlukan. Tambahan, manajer proyek seharusnya merupakan pedagang yang baik. Seorang manajer proyek yang efektif harus secara rutin menjual nilai dari proyek ke semua stakeholder dan mempengaruhi orang lain yang dia tidak memiliki wewenang langsung.
Dari teori manajer proyek ini, diambil faktor-faktor yang akan dianalisis pengaruhnya terhadap kesuksesan proyek yaitu tingkat sosialisasi, bagaimana misi proyek disampaikan kepada anggota tim, bagaimana motivasi yang dilakukan oleh manajer proyek, dan sejauh mana anggota tim mengerti yang dikerjakannya melalui pengetahuannya tentang gambaran besar proyek. Selain itu dalam menyelesaikan pengaruh lingkungan yang pastinya memiliki dampak terhadap tim yang akan diteliti adalah insentip yang dijalankan dalam tim.
Sumber:
http://thesis.binus.ac.id/doc/Bab2/Bab%202_09-45..pdf
Senin, 25 Juni 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar