Sabtu, 16 Januari 2010

Jabulani, Bola Penuh Filosofi Afsel

Setiap perhelatan akbar sepakbola seperti Piala Dunia atau Piala Eropa, tidak luput dari dikeluarkannya bola resmi yang memiliki ciri khas tersendiri. Pun demikian untuk Piala Dunia 2010. Adidas sebagai sponsor utama perlengkapan atau (apparel), mengeluarkan Jabulani, bola resmi yang akan digunakan 11 Juni sampai 11 Juli tahun depan.

Sang produsen mengklaim bahwa Jabulani merupakan bola sepak yang memiliki putaran tercepat. Hal ini tidak terlepas dari desainnya yang tidak lazim. Jabulani hanya memiliki delapan bidang alias panel kulit sehingga meminimalisir hambatan di udara dan perubahan arah ketika melaju kencang.

Bola ini sedianya baru diumumkan Presiden FIFA, Sepp Blatter, dalam seremoni pengundian (drawing) putaran final Piala Dunia yang digelar di Cape Town, Jumat (4/12). Namun bola tersebut sudah dibocorkan The Sun, salah satu tabloid ternama di Inggris.

Jabulani memiliki warna dasar putih yang dihiasi desain yang menggambarkan hiasan asli milik Afrika Selatan (Afsel). Adidas mengklaim bola terbaru ini memiliki kemampuan andal dalam cengkeraman. Jadi, bola ini diklaim lebih stabil ketika melesat dan dan daya cengkeram mumpuni di segala kondisi.

Jabulani berarti selebrasi dalam bahasa Zulu. Penamaan yang didasari harapan agar seluruh fans dapat merasakan kegembiraan dan menikmati perhelatan akbar empat tahunan tersebut. Sebanyak 11 warna berbeda digunakan untuk menghiasi bola tersebut. Sebuah perlambang semangat 11 pemain di setiap tim, 11 bahasa resmi dan komunitas di Afsel.
www.liputanbola.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar