Sabtu, 16 Januari 2010

Madrid Incar Pemasukan 7,15 Triliun

Manuver Florentino Perez di lantai bursa transfer mencengangkan. Dua mantan dan pemegang gelar Pemain Terbaik Dunia berhasil direkrut, Kaka dan Cristiano Ronaldo. Sepasang pemain berkelas itu belum ditambah Raul Albiol dan Karim Benzema.

Presiden El Real itu belum puas. Sepak terjang selanjutnya sedang dipersiapkan dengan target utama Franck Ribery. Itu manuver yang berkenaan urusan lapangan. Di luar lapangan kelihaian Perez patut ditunggu. Lobi untuk memperoleh nilai kontrak sponsor apparel, alias perlengkapan resmi tim sedang digagas.

Madrid dikabarkan tengah menagih pertemuan dengan perusahaan raksasa perlengkapan olahraga yang berbasis di Jerman, Adidas. Apalagi kalau bukan menuntut perbaikan kontrak. Menurut salah satu harian terkemuka Spanyol, El Pais, Madrid menginginkan kesepakatan saat ini diperpanjang sampai 2012 dan diperbaharui dari 30 juta euro menjadi 60 juta euro (Rp 858 miliar) per tahun.

Perez punya senjata andal dalam renegosiasi. Kehadiran Kaka dan Ronaldo dianggap menyediakan ruang bagi Los Blancos untuk meminta nilai kontrak lebih tinggi. Apabila menemui kegagalan, Madrid ‘mengancam’ akan berpaling ke perusahaan rival, Nike.

Madrid saat ini terikat kontrak sponsorship dengan sejumlah perusahaan raksasa seperti Coca-Cola, Audi, Bwin dan Telefonica. Kesemuanya secara kolektif menambah 130 juta euro (Rp 1,86 triliun), ketiga terbesar dari keseluruhan pemasukan klub yang ditaksir sebesar 400 juta euro (Rp 5,7 triliun).

El Pais berani berspekulasi kalau Perez kini mengincar pemasukan tahunan mencapai 500 juta euro (Rp 7,15 triliun). Target tersebut demi menutupi besarnya anggaran rutin gaji jajaran pemain dan seluruh staf. Anggaran gaji ini merupakan bagian terbesar dari pengeluaran klub.

Perez diduga menyiapkan pernyataan, ‘Kami merupakan klub terbaik di dunia’, untuk Chief Executive Officer Adidas, Herbert Hainer. Akan tetapi raksasa apparel dunia itu berharap Los Blancos bisa lebih bijak untuk memandang krisis yang tengah melilit ekonomi dunia.
www.liputanbola.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar